Babi Putar Manado

ARTIKEL ULASAN - TANPA RESEP

Babi Putar Manado sering juga dikenal dengan istilah Ba-put.(singkatan dari Babi putar). Salah satu hidangan terfavorit masyarakat Manado. Selain itu juga, Babi Putar tergolong  sajian bergengsi bagi masyarakat ini. Wajar saja, karena hidangan ini 'dibandrol' lebih dari Rp 1 juta/ekor. Babi putar merupakan sajian anak babi utuh seberat 20-25 Kg. Jadi, dapat dibayangkan harga dagingnya, belum lagi cara pembuatannya yang memerlukan ketrampilan khusus.
Babi Putar di meja makan orang Manado
Tidak semua orang dapat mengolah anak babi menjadi babi putar yang lezat. .Dalam memprosesnya, anak babi ini dibalurkan bumbu bumbu, kemudian dibakar guling di atas bara api kurang lebih sekitar 3 jam. Bayangkan panasnya seperti apa. Itupun tidak hanya diguling begitu saja. Perlu keahlian untuk menjaga kualitas apinya sehingga pada saat matang, kulit babinya krispi, mengkilat dan tidak gosong  tetapi daging dalamnya empuk dan benar benar matang serta bebas dari rasa asap..

Babi putar ala Manado ini hanya bisa diproses dari anak babi. Jika babi sudah besar, sudah tidak layak lagi untuk babi putar, sebab konon kualitas masakannya tidak seperti jika bahan bakunya adalah  anak babi.

Terus terang, saya belum pernah memasak masakan ini, dan bahkan mungkin tidak akan pernah .. .Wow, mendingan beli deh

Dari filosofinya, Babi putar ini merupakan 'lambang' suatu pesta atau perayaan. Pesta tanpa sajian babi putar ini koq ya serasa bukan pesta.  Si Babi putar ini memang sering 'tampil' dalam macam macam perayaan, Baik pesta ulang tahun, pernikahan bahkan acara acara yang berkaitan dengan ritual kedukaan juga disajikan babi putar

Dalam penampilannya di meja saji, babi putar ini selalu ditampilkan utuh. 1 ekor babi, dan bahkan sebelum acara dimulai masih dalam bentuk 'segel', masih tertutup kertas bungkusnya. 'Segel'nya dibuka setelah acara makan akan segera dimulai. Babi dalam bentuk utuh ini disajikan dengan beberapa pisau dan garpu disebelahnya. Tak lupa pula dengan dabu dabu (sambal) bakasang dan dabu dabu lilang (sambal iris ala Manado bercita rasa asam). Saya jarang melihat Babi putar ini disajikan dengan dabu dabu (Sambal) terasi. 

Dalam menyantap hidangan ini, Para tamu bebas memotong babi putar itu seberapa besar yang mereka kehendaki. Jarang ada petugas khusus yang disediakan untuk membantu tamu dalam memotong motong babi putar ini.

Suatu hal yang menarik lagi di meja saji pesta orang Manado, sangat tidak lazim menyajikan babi putar dalam keadaan sudah terpotong potong. Sepertinya memang seru jika melihat para tamu sudah mulai mengerogoti babi putar ini,memotong motong dengan ukuran sesuai selera masing masing, kemudian menarik narik kulit dan dagingnya dengan garpu. Wow sesuatu deh...



Babi Putar yang sudah dipotong potong

Selanjutnya, jika pesta usai dan masih ada babi putar yang tersisa, selain disimpan dalam freezer untuk kemudian dihangatkan lagi, babi putar ini masih juga masih dapat di proses lanjut.

Biasanya kepala babi dapat diolah lagi menjadi berbagai macam hidangan. Sayangnya, banyak yang lebih suka jika kepala babi ini hanya dipanaskan dan dimakan begitu saja tanpa lauk (digado)... wow kolesterooooool .... Sementara bagian lain dari babi putar ini juga dapat dipakai sebagai daging untuk mengolah  cap cay, membuat bubur babi dan bahkan juga diolah menjadi babi cuka... Babi Cuka adalah sajian yang tak kalah enaknya dengan babi putar. Kayak apa sih penampakan dan cara membuatnya. Simak yuk ... Resep Babi Cuka

No comments:

Post a Comment

Terima kasih atas komentarnya. Mohon komentarnya tidak mengandung unsur SARA, SEX dan POLITIK