Daun Mint (daun Solasi) bumbu masak orang Manado

Daun Mint tumbuhan bernama latin Mintha Spaculata, merupakan tanaman rumpun, berdaun kecil kecil agak bulat dengan batang berwarna agak kemerahan.. Daun beraroma 'kuat' ini konon diyakini berkhasiat untuk anti gangguan pencernaan, mengurangi risiko alergi, gangguan pernapasan, menyegarkan kulit kepala, mengatasi bau mulut, memperbaiki kulit dan lain sebagainya.
Karena diyakini  berkhasiat sebagai tanaman obat, Daun Mint ini juga kerap dijadikan komponen utama dalam membuat air infus (air yang dikonsumsi dengan irisan buah buahan dan beberapa daun tertentu yang berfungsi sebagai isotonik).

Sementara pada masyarakat Manado dan sekitarnya, Daun Mint ini malahan lebih dikenal sebagai komponen bumbu. Daun Mint yang oleh masyarakat setempat lebih dikenal dengan nama Daun Solasi. Untuk itu, selanjutnya Daun Mint ini saya sebut dengan  Daun Mint (Daun Solasi).

Daun Mint/daun Solasi (Mintha Spacata)
Daun Mint (Daun solasi) ini merupakan komponen utama dalam membuat  perkedel jagung ala Manado.  Itulah yang menyebabkan perkedel jagung ala Manado  ini memiliki rasa khas yang tidak ditemui pada perkedel jagung ala daerah lain.

TIdak hanya perkedel jagung. Daun Mint (Daun Solasi) ini juga berperan dalam memasak menu bumbu tuturuga. Baik untuk hidangan Sapi Bumbu Tuturuga ataupun ayam bumbu tuturuga. Tanpa Daun  Mint (Daun Solasi) ini bumbu tuturuga tidaklah lezat.

Daun Mint (Daun Solasi) juga berperan dalam membuat isi Kue Panada Reis . Kue khas ala Manado yang berbentuk mirip pastel tetapi mengembang. Daun mint inilah yag dipakai untuk  membuat isinya. Rasa khas dari isi kue ini yang memuat  kue panada reis ini becita rasa "Manado Bangeeeet'

Daun Mint (Daun Solasi) juga merupakan bumbu inti dalam memasak ikan Cakalang garo (resep menyusul) dan beberapa hidangan ala Manado lainnya.

Tidak sulit mencari daun Mint(Daun Solasi) ini dipasaran. Banyak bertebaran di pasar trdisional ataupun di supermarket.

So, begitulah sedikit perkenalan dengan Daun Mint (Daun Solasi) ini dalam kaitan dengan kuliner Manado. Semoga informasi ini dapat bermanfaat.



Yuk simak, menu masakan Manado yang mengandung daun mint (Daun solasi) ini:


No comments:

Post a Comment

Terima kasih atas komentarnya. Mohon komentarnya tidak mengandung unsur SARA, SEX dan POLITIK