Lemon cui

Lemon Cui dalam bahasa Manado lebih sering dikenal dengan nama Lemong Cui ataupun lemong ikan. Yaa begitulah cara orang Manado bertutur. Jeruk biasanya disebut lemong (ahaa ada bonus huruf 'g',lagiiiiii). 
Tapi untuk selanjutnya biar lebih afdol, saya menyebutnya dengan Lemon Cui saja. 
Lemong Cui

Tanaman yang dalam bahasa latinnya disebut dengan Citrus Microcarpa ini, secara fisiknya berbentuk kecil kecil, berkulit tipis dan mengandung banyak air. Airnya lebih mudah diperas dibandingkan dengan memeras air jeruk nipis.

Tanaman ini merupakan salah satu bumbu dapur andalan orang Manado, sangat akrab dan sangat sering ditemui di dapur ataupun di kulkas orang Manado.Rasanya so pasti asam namun ada sedikit rasa manisnya.

Lemon Cui ini biasanya dipakai untuk membumbui ikan ataupun daging. berfungsi menghilangkan bau amis pada ikan dan daging. Jadi sebelum ikan/daging diproses, selalu dilumuri dengan lemon cui dulu agar menjadi lebih segar dan menambah cita rasanya menjadi lebih mantap.Juga untuk ikan goreng, biasanya sehabis digoreng selagi masih panas, ikan goreng dilumuri dengan air perasan lemon cui ini agar rasanya lebih maknyus.

Dalam membuat sambal ikan bakar maupun sambal ala Manado lainnya, lemon cui ini juga tidak ketinggalan, memegang peranan penting untuk penentu rasa. 

Lemon cui ini juga enak dibuat air jeruk. Dibeberapa resto Manado di beberapa kota besar di Indonesia, saya lihat sudah menyajikan minuman ini. "air jeruk lemon cui ala Manado". Di proses seperti biasa sebagimana layaknya kita membuat air jeruk. Perasan jeruk dicampurkan dengan gula, kasi air baik panas ataupun dingin. Jadilah air jeruk lemon cui

Lemon cui ini juga merupakan komponen utama dalam memasak ikan kuah asam. Memang bisa memakai jeruk nipis, tetapi lezatnya tidak se oke jika kita menggunakan lemon cui ini.

Masih ada lagi manfaat lemon cui untuk kesehatan. Dapat dijadikan obat batuk/pilek dengan mencampurkannya dengan kecap manis.. eeits, tapi tidak dianjurkan bagipenderita penyakit maag loh.. 

Dalam dunia kecantikan juga lemon cui ini ada kontribusinya yakni sebagai anti ketombe dan juga konon dapat berfungsi untuk mengecilakn pori pori kulit.

Wow banyak ya kegunaanya.

Tidak sulit mencari tanaman ini di Manado. Di pasar begitu banyak bertebaran, baik di pasar tradisional maupun di super market dengan harga terjangkau. Banyak juga ditanam penduduk di pekarangan rumah. Bentuk pohonnya tidak besar. Bahkan dapat juga ditanam dalam pot.

Cuma, saya masih sulit menjumpai lemon cui ini di Jakarta atau kota kota besar lainnya di luar Manado. apa karena masyarakat setempat tidak terbiasa mengkonsumsi tanaman ini.... :)  

Demikian sedikit ulasan tentang lemon cui ini.




No comments:

Post a Comment

Terima kasih atas komentarnya. Mohon komentarnya tidak mengandung unsur SARA, SEX dan POLITIK