Rampa Rampa Campur - Kemasan bumbu ala Manado

Rampa Rampa Campur ... apa itu?

Rampa rampa diterjemahkan secara harafiah dari bahasa Manado sebagai kata rempah rempah, tetapi sebenarnya yang dimaksudkan adalah  bumbu. Begitulah cara orang Manado bertutur. Jadi jika seseorang bertanya tentang bumbu suatu masakan, yang bersangkutan pasti akan bertanya dengan kalimat kurang lebih seperti ini "rampa rampanya apa ya?" padahal maksud kalimat tanya itu adalah "Bumbunya apa?". ahaa  sedikit pelajaran bahasa Manado... Jadi , yang dimaksud dengan rampa rampa campur ini adalah bumbu bumbu yang sudah dicampurkan, tetapi untuk konteks ini berarti bumbu bumbu daun yang dicampur.

Rampa Rampa Campur (RRC)
Rampa rampa campur yang lazim dikenal dengan sebutan RRC (singkatan dari Rampa Rampa Campur), sangat mudah sekali ditemukan di pasaran, baik itu di pasar tradisional ataupun di supermarket.

Mungkin bagi orang luar Manado akan kebingungan jika membaca tulisan "RRC" yang terpampang di daftar harga di area sayuran dalam supermarket. Karena sebegitu populernya istilah ini, jadi dianggap semua orang sudah tahu bahwa RRC itu adalah Rampa Rampa Campur.

Rampa Rampa campur merupakan suatu kemasan bumbu bumbu daun yang didalamnya berisikan daun kemangi, daun bawang, sereh, daun pandan, daun kunyit dan daun jeruk. Bumbu bumbu daun ini sangat memegang peranan penting dalam aneka masakan ala Manado. Hampir semua masakan ala Manado menggunakan rampa rampa campur, mulai dari ikan kuah asam , aneka daging/ikan woku, bumbu RW (walaupun pada masyarakat tertentu tidak menggunakan kemangi), bubur Manado (Tinutuan) dan lain sebagainya.

Dalam meracik bumbu bumbu Woku dan bumbu kuah asam, Rampa rampa campur ini tinggal ditambahkan cabe, bawang, jahe dan kunyit. Untuk racikan bumbu RW, Rampa rampa campur (non kemangi) ditambahkan dengan  cabe, bawang, lengkuas, jahe dan kunyit. Sedangkan untuk memasak  bubur Manado (Tinutuan), rampa rampa campur ini tinggal ditambahkan saja dengan bahan bahan komponen bubur dan aneka sayuran lainnya..

Sayuran tumis ala Manado juga tidak lepas dari peran si rampa rampa campur ini. Misalnya tumis kangkung bunga pepaya, tumis pakis, tumis daun melinjo dan lain sebagainya. Semuanya menggunakan rampa rampa campur dan ditambahkan dengan bumbu non daun lainnya.




So, tertarik dengan si rampa rampa campur ini? Simak yuk beberapa resep masakan ala Manado dibawah ini yang didominasi oleh rampa rampa campur

  • Bubur Manado
  • Ikan Woku Belanga
  • Tumis kangkung daun pepaya



No comments:

Post a Comment

Terima kasih atas komentarnya. Mohon komentarnya tidak mengandung unsur SARA, SEX dan POLITIK