Ikan Cakalang Fufu khas Manado



Ikan Cakalang fufu atau cakalang asap,  nama yang sudah tidak asing lagi dalam dunia masakan Manado, merupakan makanan laut khas Tanah Minahasa yang diolah dari bahan ikan Cakalang.
Ikan Cakalang dalam bahasa ilmiahnya disebut katsuwonus pelamis, sedangkan dalam bahasa Inggris disebut sebagai skipjack adalah ikan banyak terdapat di perairan teluk Manado.

Ikan Cakalang Fufu
Ikan bercita rasa lezat ini, sekilas berbentuk sangat mirip dengan ikan Tuna. Yang membedakan keduanya adalah garis garis kelabu yang ada pada tubuh samping kedua ikan tersebut. Pada ikan Cakalang, garis garis kelabu itu tampak horizontal, sedangkan pada ikan tuna ada garis  seperti tanda >>> pada tubuh bagian sampingnya.  Sebetulnya ingin sekali saya menunjukkan perbedaannya dalam gambar namun hingga saat ini saya belum sempat memotret kedua ikan tersebut, tetapi sesegera mungkin akan saya tampilkan gambarnya untuk memperjelas perbedaan seperti yang di sebutkan di atas.

Koq saya bisa membedakannya ya? Jangan heran, saya dibesarkan di pesisir pantai kota Manado, terbiasa bermasyarakat dengan para nelayan, sehingga menjadi cukup paham dengan dunia ikan yang kerap dikonsumsi masyarakat ini.

Awalnya, ikan Cakalang fufu ini adalah olahan lanjut dari ikan Cakalang segar yang tidak terserap pasar. Namun seiring dengan banyaknya permintaan, malahan sekarang ini Ikan Cakalang fufu langsung diproses dari ikan Cakalang segar hasil tangkapan tanpa harus menunggu tidak terserap pasar lagi.


Proses pembuatannya secara garis besar adalah sebagai berikut:

  • Daging ikan Cakalang yang sudah dibersihkan dibelah menjadi 2 bagian, diberi bumbu khusus dan kemudian dimasukkan dalam  penjepitnya yang terbuat dari bambu.   
  • Untuk mendapatkan warna yang menarik, biasanya ikan cakalang ini dilumuri dengan campuran garam dan bubuk soda dengan perbandingan 1:1.
  • Selanjutnya kemudian dilakukan proses pengasapan.
  • Pengasapan dilakukan dengan menggunakan gonofu (sabut kelapa) agar dapat menimbulkan asap tebal untuk mempercepat proses penguapan dan selain itu pula untuk menciptakan cita rasa khas asap yang akan terserap pada ikan ini
  • Proses pengasapan dilakukan sekitar 4 jam  dengan besar api sedemikian rupa agar cakalang  fufu ini matang dengan merata dan kering
  • Jika sudah matang kemudian dilakukan proses pendinginan kurang lebih sekitar 2 jam. Dan selanjutnya cakalang fufu ini siap terjun ke pasaran.

Hal yang menarik dari ikan cakalang fufu adalah bisa tahan selama 1 minggu dalam suhu ruang, bahkan jika pengasapannya dilakukan dengan sempurna, ikan cakalang fufu ini sanggup bertahan selama 1 bulan dalam suhu ruang.

Banyak olahan yang bisa dibuat dari ikan cakalang fufu ini.

Saat ikan baru keluar dari tempat pengasapanpun sudah bisa dikonsumsi. Tentu saja agar lebih higienis sebaiknya dipanaskan dulu. Dimakan dengan sambalpun sudah bisa.

Ikan cakalang fufu ini juga sangat enak sekali jika di goreng. Dapat dijadikan sebagai lauk, apalagi jika ‘ditemani’ dengan aneka sambal (dabu dabu dalam bahasa Manado). Segala jenis sambal cocok dengan ikan Cakalang fufu ini.

Setelah digorengpun dapat diproses lanjut menjadi ‘cakalang fufu sous’. Masakan Manado sejenis balado ini. biasanya diolah dengan bumbu bawang putih, bawang merah, cabe,  jahe (jika suka), kemiri (jika suka) dan sedikit tomat. Semuanya ditumis kemudian dibalurkan pada ikan cakalang fufu goreng…..

Sedangkan untuk ikan Cakalang fufu yang tidak digoreng dapat menjadi pelengkap dalam aneka olahan masakan Manado. Dapat diolah menjadi pampis, isi kue panada, bahan campuran aneka sayur bumbu Manado, mie cakalang, dimasak kuah asam dan lain sebagainya

Tidak susah mencari ikan cakalang fufu  ini di pasaran, mulai dari pedagang keliling, pasar tradisional sampai supermarket banyak yang menjual ikan ini. Sentra penjualan ikan cakalang fufupun dapat ditemui di daerah Sario dan Pasar Ikan Tua. Tidak jarang pula ikan cakalang fufu ini dijual di toko souvenir, karena komoditas inipun bisa merupakan ole ole yang menarik dari Manado.

No comments:

Post a Comment

Terima kasih atas komentarnya. Mohon komentarnya tidak mengandung unsur SARA, SEX dan POLITIK