Resep Marmer Cake jadul tanpa bahan additives

Marmer Cake, sama orang  Manado juga dikenal dengan nama Marmer Taart… Cake jadul yang tak lekang dimakan waktu.

Marmer cake ini sering menjadi andalan sajian pada pesta dansa era 70-80an, yang disajikan sebagai penganan pelepas lelah sehabis berdansa.


Resep Marmer Cake Jadul (kami sering menyebutnya
 juga dengan Marmer Taart
Sebagaimana diketahui orang Manado memang gemar berpesta,. apalagi jaman dahulu, biasanya pada saat tutup tahun atau kawinan ala tradisional, selalu diadakan pesta dansa. Tidak hanya muda mudi yang terlibat, yang sudah berumurpun tidak mau ketinggalan. Malah mereka yang lebih heboh, karena acara ini sebagai ajang untuk unjuk kebolehan berdansa. Berbagai jenis dansa internasionalpun ditarikan, mulai dari polonaise hingga tango, cha cha, waltz, jive, jitterbug dan lain sebagainya.

Dansa dansa inipun biasanya diperlombakan. Banyak hal yang menjadi kriteria penilaian, selain kaidah tata cara dansa secara umum, kemahiran dan improvisasinya, kekompakkan pasangan bahkan  kostum juga tidak kalah menjadi kriteria penilaian.  Bukan dari sudut mahalnya kostum, tetapi ditinjau dari kesopanan, keanggunan dan juga keserasian.

Dalam pesta dansa jadul, para tamu tidak diperkenankan  bersandal, semahal apapun sandal itu tetap tidak diperkenankan. Selain itu juga, para tamu tidak diperkenankan mengenakan  kaos, walau polo shirt sekalipun. Kaum pria harus berpakaian sopan. Kemeja tidak boleh dikeluarkan, sekalipun itu lagi mode. Dan  juga berdansanyapun dalam keadaan lampu terang benderang tidak remang remang… yaa iyalah, berdansa seperti itu membutuhkan konsentrasi. Salah langkah saja bisa mental . Gimana berdansanya jika penerangannya remang remang.

Itu jaman duluuu … sekarang kebiasaan ini sudah hampir punah. Tetapi saya melihat pemerintah sekarang lagi berusaha melestarikan kembali budaya ini.

Yaa begitulah sekelumit cerita saya tentang budaya orang Manado dan pesta dansa.

Sekarangkita kembali ke marmer cake. Untuk penganan pesta dansa jadul, selain marmer cake juga ada berbagai kue lainnya, tetapi pesta dansa belum terasa lengkap jika tidak ada cake yang dikemas dengan kertas minyak warna warni, pakai rumbai rumbainya pula. Minumannya juga cocktail buah. Orang Manado menyebutnya dengan bol. Itu loh cocktail pepaya yang berbentuk bulat bulat (bol dalam bahasa Belanda berarti: bulatan)

Selain pada pesta dansa, marmer cake ini juga sering disajikan pada berbagai hajatan. Tetapi selain hajatan pesta dansa, si marmer cake ini sudah tidak dibungkus dengan kertas minyak warna warni,cukup  dipotong dan digelar saja di meja saji..

Marmer cake jadul inipun juga sering meramaikan meja saji keluarga kami. Kue ini biasanya kami buat mengikuti resep jadul dengan bahan bahan yang sangat mudah di dapat, tanpa bahan additives. Yang penting bikinnya sesuai instruksi, jadi deh. Rasanya juga tidak kalah enaknya dengan cake modern. Untuk marmer cake ini kami  lebih menyukai yang bertekstur jadul (katro ya….)

Resep yang saya sajikan dibawah ini juga merupakan resep turun temurun keluarga kami. Ini resep dari oma saya. Petunjuk pembuatan juga masih dengan cara jadul, takaran menggunakan gelas belimbing. Jadi jika dilihat foto resepnya, masih digunakan istilah ‘mangku’, ya begitulah.. orang Manado jadul menyebutkan gelas dengan kata mangku.

Ulasannyapun masih menggunakan ejaan lama dalam bahasa ‘melayu Manado’.. oma saya memang kurang pinter berbahasa Indonesia. Beliau lebih nyaman berkomunikasi dengan bahasa Belanda dan bahasa melayu Manado. Pokoknya susah deh diajak ngomong bahasa Indonesia. Oleh karena itu, resep aslinya saya edit  lagi dengan menggunakan bahasa yang lebih mudah dipahami dan tentu saja tidak keluar 'rel' resepnya.

Yuk simaaak

 Resep Marmer Cake jadul 

Marmer Cake (Marmer Taart)
Bahan
  • 10 kuning telur
  • 10 putih telur
  • 3 gelas margarine
  • 4 gelas gula halus
  • 4 gelas terigu
  • 3 sendok the vanilla powder
  • 2 sendok makan susu manis
  • Coklat secukupnya
Cara membuat:
  • Kocok mentega dan gula sampai naik
  • Masukkan kuning telur. Kocok lagi sampai benar benar naik. Sisihkan .sebut saja adonan 1
  • Kocok putih telur hingga benar benar naik.
  • Masukkan putih telur yang sudah dikocok kedalam adonan 1. Tambahkan terigu, vanila powder dan susu
  • Ambil sedikit adonan, campurkan dengan coklat. Aduk hingga rata
  • Tuang adonan putih dalam Loyang, kemudian tuangkan adonan coklat di atasnya
  • Buat motif marmer dengan bantuan garpu atau sumpit
  • Bakar hingga matang. Setelah matang langsung cepat cepat dikeluarkan dari loyangnya
Demikian resep marmer cake jadul tanpa bahan additives semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment

Terima kasih atas komentarnya. Mohon komentarnya tidak mengandung unsur SARA, SEX dan POLITIK