Resep Sate Tuna Bumbu Manado

Sate Tuna.. sebetulnya sih ini bukan masakan Manado asli. Ini hanya modifikasi penyajian ikan Tuna, tapi bumbunya memang racikan khas Manado.

Resep Sate Tuna Bumbu Manado
Sate Tuna Bumbu Manado
Kala menyiapkan hidangan ini saya merasa tertantang untuk menyajikannya menjadi sesuatu yang lebih menarik. tampil beda,  dan lain dari biasanya dengan cita rasa yang maksimal.

Betapa tidak… memang ‘sesuatu’ banget dengan ikan Tuna ini. Sepertinya ikan Tuna termahal yang pernah saya beli. Ahaa bukan sok banyak duit, tapi lebih tepat ini kemahalan akibat saya kurang teliti saja belinya.

Ikan Tuna ini saya beli di pasar tradisional pada salah satu penjual yang cukup saya kenal. Kala membeli ikan ini, dalam waktu yang sama saya juga sedang berbelanja sayur pada pedagang lain bersebelahan dengan penjual Tuna ini. Sambil nawar sayur, sang pedagang Tuna pun aktif menawarkan dagangannya. Memang saya tidak berkonsentrasi dengan fisik ikannya, hanya berkonsentrasi pada harga. Saya hanya melihat sepintas, ikan Tuna bagian bawah (ekor) yang ditawarkan dengan harga yang ‘bersahabat ‘banget.

Singkat cerita, sambil deal dengan pedagang sayur.. deal harga juga ikan Tunanya…  Sayapun senyum senyum puas… dasar ibu ibu, sesuatu banget jika berhasil menawar dengan harga yang lebih murah dari biasanya dimana si penjualpun melayaninya dengan senyum dan puas.

Sayapun meminta jasanya untuk memotong motong ikan agar sesampai di rumah saya sudah tidak repot lagi… Daaaan , disinilah saya baru tersadar.. Ternyata yang saya beli hanyalah ekor tuna bagian atas, jadi saat menawarkan ternyata memang ekornya sudah dibelah dua, jadi jika tidak jeli melihatnya kelihatan seperti ekor utuh…. Waaaaaaaah ternyata jatuh jatuhnya malah kemahalan… *pause.. mo mewek dulu … hicks ... Sedih, merasa bener bener kurang teliti banget… Tapi ya sudah lah apa mau dikata… It means, suatu tantangan bagi saya untuk dapat menyulap Tuna ini menjadi hidangan super lezat agar tidak terlalu merasa rugi membelinya. Hahaha hitung hitung 'kalah membeli menang menyantap' … J

Dan inilah dia awal keputusan saya untuk mengolahnya jadi sate tuna bumbu Manado
Soal rasa? Uenaaaaak .. hahahaha pulang pokok deh sama ‘kekalahan’saya waktu membeli ….Dan terobati kesedihan saya, karena sama ‘orang rumah’ saya diledek ledekin, Katanya “IkanTuna harga kintal” (kintal dalam bahasa Manado berarti tanah kosong)… hicks … So ?  Mari masak Sate Tuna Harga KIntal…

Cekidot resep masakan Manado yang satu ini

Resep Sate Tuna Bumbu Manado

Bahan:
Resep Sate Tuna Bumbu Manado
Kuantitas ikan tuna mentah
  • Ikan tuna, kuantitasnya sesuai pada gambar (saya sudah tidak menimbangnya… amis sih)
  • 1 sdm gula
  • Minyak goreng secukupnya untuk mengolesi ikan saat dibakar
  • Minyak goreng untuk sambal. Perbandingannya sama dengan jumlah bumbu halus.. (maaf tadi tidak menakar secara eksak)
  • 3 lembar daun jeruk disobek sobek (jika suka), dalam memasak ini saya tidak pakai daun jeruk karena anak saya tidak suka
  • ¾ sdm garam untuk melumuri ikan
  • Garam secukupnya untuk sambal
  • ¾ sdm air perasan jeruk nipis atau 3 buah lemon cui (jeruk khas Manado untuk melumuri ikan)
  • Penyedap (jika suka)

Bumbu yang dihaluskan
(gambaran kuantitas bumbu lihat gambar)

Resep Sate Tuna Bumbu Manado
Kuantitas bumbu saat belum dihaluskan
  • 4 cabe keriting (jika sudah dihaluskan jadinya sekitar 2 sdm rata)
  • 1 genggam cabe rawit (jika sudah dihaluskan jadiya sekitar 2 sdm rata)
  • 5 butir kemiri (saya sudah tidak menakar kuantitas halusnya, karena size kemiri sih rata rata hampir sama)
  • 6 cm kunyit (jika sudah dihaluskan jadinya 1 sdm rata + separuh sdm)
  • 6 cm jahe (jika sudah dihaluskan jadinya 1 sdm rata + separuh sdm)
  • 3 bawang merah besar dan 1 sedang (jika sudah dihaluskan jadiya 2 sdm rata)
Resep Sate Tuna Bumbu Manado
Kuantitas bumbu saat sudah dihaluskan

Cara membuat Sate Tuna Bumbu Manado

Tahap persiapan:
  • Haluskan bumbu, tambahkan gula, garam, daun jeruk, penyedap (jika suka). Pastikan rasanya sudah oke
  • Sisihkan 20 % bagian untuk melumuri Tuna, sisanya untuk sambal
Cara membuat sate
  • Lumuri ikan dengan garam dan air perasan jeruk. 
  • Lumuri juga dengan 20 % bagian bumbu halus yang sudah disisihkan tadi dan telah dicampur dengan bahan bahan lainnya
  • Diamkan selama 15 menit. Jangan terlalu lama.
  • Panggang hingga matang sambil  diolesi dengan minyak goreng dan sisa bumbu lumuran, berganti ganti. Memanggangnya cukup sampai pas matang, jangan terlalu lama karena ikan akan menjadi keras dan rasa khasnya akan hilang.
CATATAN PENTING:
Sebaiknya memanggang dengan bara tempurung. Tetapi jika tidak memungkinkan bisa dipanggang di oven atau kompor. Jika akan memanggang di kompor,lumuri ikan dengan sedikit minyak goreng saja, karena jika lumuran minyak gorengnya kebanyakan akan meleleh di tatakannya dan bisa menimbulkan nyalah api di tatakan bakarannya…. Sereeeeem. Saya memang belum pernah memanggang di oven, tapi ada baiknya mengikuti pedoman cara memanggang di kompor… Serem aja jika lelehan minyaknya menyalah dalam oven.

Cara membuat sambal :
  • Siapkan sisa bumbu halus yang sudah dicampurkan bahan bahan lainnya sesuai instruksi di atas. Taruh pada wadah tahan panas
  • Panaskan minyak goreng hingga puanas nas
  • Siramkan minyak goreng panas di campuran sambel hingga mengeluarkan bunyi wuuuus
  • Selesai deh dan siap disantap.

Demikian resep masakan Manado -  Sate Tuna
Jika teman teman pernah membaca artikel saya yang sebelumnya tentang sate babi bumbu Manado, Secara bumbu sambalnya sama, hanya beda proses, dimana untuk sate daging/daging bakar sambalnya ditumis, sedangkan untuk ikan bakar sambalnya hanya disiram dengan minyak panas.

Loh koq beda,padahal sama sama bumbu Manado?
Begini, berdasarkan eksperimen saya untuk masakan manado yang dibakar  (saya memang penggemar daging/ikan bakar), ternyata chemistry sambal itu memang peranan penting, dimana untuk daging chemistrynya lebih kuat dengan sambal tumis, sedangkan untuk ikan chemistry kuatnya dengan sambal yang hanya disiram minyak panas.

Begitu pula jika kita menyajikannya dengan dabu dabu lilang (sambal iris khas orang Manado), untuk dikonsumsi dengan ikan sebaiknya dikasi jeruk yang lebih banyak dibanding jika dikonsumsi dengan daging

Ok? Selamat mencoba

Enjoy masakan Manado and happy cooking

No comments:

Post a Comment

Terima kasih atas komentarnya. Mohon komentarnya tidak mengandung unsur SARA, SEX dan POLITIK