Resep Cara Membuat Kolak Ubi Kayu ala Manado Asli


Kolak ubi kayu (Singkong) memang bukan hal yang asing lagi bagi masyarakat Indonesia. Memang banyak versi untuk membuat kolak ubi kayu (Singkong) ini, dan kali ini saya akan menyajikan cara membuat kolak ubi kayu ala Manado.
Kolak Manado ini memang bisa juga dibuat dengan berbahan baku talas. Tetapi tidak selezat jika berbahan baku ubi kayu. Ya setidaknya begitulah selera orang Manado.
Membuat Kolak Ubi Kayu ala Manado
Kolak Ubi Kayu (Singkong) ala Manado Asli
Kandungan bahan untuk kolak ini juga secara umum memang mirip sih, seperti: Ubi kayu (singkong), gula merah (disarankan adalah gula aren) dan santan. Sedangkan yang menjadi variasi disini adalah kayu manis dan daun pandan. Yaa inilah yang menjadi ciri khas kolak ubi kayu ala Manado.

Kolak ubi kayu ini mantap jika dinikmati sore hari saat udara sejuk dan dinikmati selagi masih panas. Tetapi kolak ini juga memiliki sensasi lain jika dinikmati saat dingin setelah beberapa waktu disimpan dalam kulkas.

Pingin coba bikin sendiri? Yuk ini resepnya.

Tetapi sebelum membaca resepnya, Perlu diperhatikan bahwa yang perlu digaris bawahi dalam artikel ini adalah ; resep ini memang dibuat dalam porsi besar. Hehehe abis makannya untuk banyak orang sih. Dan bagi teman teman yang ingin membuatnya dengan porsi kecil, ini bukanlah hal yang sulit. Tinggal membaginya secara proporsional saja.
Penggunaan bahannyapun tidak saya timbang hanya menggunakan ukuran secara visual saja tetapi setidaknya mewakili kuantitas yang sebenarnya.

OK ? Simak yuk

Resep kolak ubi kayu ala Manado asli


Bahan:
  • Ubi kayu kurang lebih sepanjang 35 cm dengan diameter sekitar 8 cm (Sekali lagi ini porsi besar ya)
  • Santan dari ½ butir kelapa. Perhatikan jumlah zat cair untuk kuahnya. Total kuah untuk kolak, idealnya setinggi 2 ruas jari lebih sedikit atau setinggi 6 cm dari bagian teratas singkong yang sudah dipotong potong. Untuk kuahnya, berapapun kuantitas singkong jumlahnya disarankan setinggi 6 cm dari batas singkong yang sudah dipotong potong. Untuk itu, sesuaikanlah besar pancinya dengan kuantitas singkong yang akan dimasak. (Dalam memasak ini saya menggunakan panci berdiameter 24 cm karena jumlahnya dalam porsi besar)
  • 4 stick kayu manis. 1 stick potong menjadi 2 bagian
  • Gula merah (diianjurkan gula aren). Untuk gula berdiameter sekitar 8 – 9 cm pakai 1 belahannya saja. Ini sudah mewakili rasa manisnya,karena keluarga saya senang rasa manis gula merah
  • 1 lembar daun pandan besar, potong potong menjadi 4 bagian


Cara membuat kolak ubi kayu ala Manado asli:

  • Sebelum menyimak cara memasaknya, sekali lagi saya informasikan bahwa saya memasaknya dalam panci berdiameter sekitar 24 cm.
  • Kupas singkong, cuci bersih,  potong potong seukuran kira kira yang dapat disuapkan kemulut. Sisihkan
  • Rebus air, gula merah dan kayu manis. Jumlah air secukupnya agar gula merah bisa meleleh sempurna dalam air
  • Jika gula merah sudah meleleh sempurna, masukkan singkong dan tambahkan air hingga seluruh singkong tenggelam dalam permukaan air
  • Masak hingga sinkong empuk
  • Menjelang diangkat masukkan santan. Total jumlah kuah kolak adalah sekitar 6 cm diatas permukaan singkong. Jadi menambahkan santan kentalnya seperlunya saja hingga mencapai kuantitas kuahnya. 
  • Kecilkan api, aduk aduk sampai santan mendidih. Aduk aduk terus agar santan tidak pecah
  • Jika santan sudah mendidih, matikan kompor,kolak siap dihidangkan

Itu cara pembuatan kolaknya, dan simak juga uraian di bawah ini

Hal yang perlu diperhatikan untuk singkong

  • Setelah singkong dipanen dari tanah, perhatikan agar kulit singkong tidak terluka. Jika kulit singkong sudah terluka, sebaiknya secepat mungkin dikonsumsi ataupun secepatnya disimpan dalam kulkas.  Untuk menyimpannya, kupas singkong, potong potong sesuai ukuran yang dikehendaki dan kemudian direndam dalam air hingga semua bagian singkong terendam air. Jangan lupa ganti air rendaman setiap hari. Penyimpanan seperti ini masih dapat ‘memperpanjang umur’ singkong hingga 3 – 4 hari.
  • Jika singkong yang baru dipanen itu kulitnya tidak terluka, maka singkong ini masih dapat disimpan selama 3 hari tanpa dimasukkan dalam kulkas. Cukup disimpan saja di tempat yang kering dan tidak lembab. Tetapi jika sudah 3 hari dan belum dikonsumsi, sebaiknya simpan di kulkas menurut cara yang dijelaskan di atas
  • Singkong sebaiknya tidak dikonsumsi jika sudah berwarna kebiruan.

Demikian resep cara membuat kolak ubi kayu (singkong) ala Manado asli. Semoga menginspirasi

Enjoy and happy cooking

No comments:

Post a Comment

Terima kasih atas komentarnya. Mohon komentarnya tidak mengandung unsur SARA, SEX dan POLITIK