Resep Es cendol hunkwe enak

Es Cendol merupakan minuman yang tidak asing lagi bagi kita orang Indonesia. Sangat mantap dinikmati siang hari kala cuaca panas …. hmm segaar.

Es cendol ini terdiri dari komponen utama, gula, santan dan cendol . Cendol ini bisa dibuat dari tepung hun kwee, atau  bisa juga dibuat dari nutrijel
Es Cendol Hunkwe

Gula dan santan, memang merupakan kombinasi yang sangat cocok dan saling menunjang. Malahan gula dan santan sudah menjadi ungkapan orang tua tua ditempat saya, Manado. Konon pertemanan yang sangat erat diibaratkan dengan gula dan santan. Jika seseorang berteman dengan sangat erat sering disebut dengan ibarat gula dan santan. Ahaa ini bahasa perumpamaan, karena orang jaman dahulu senang dengan aneka perumpamaan dan pepatah. Berbeda dengan gaya bahasa orang sekarang yang semakin straight to the point, tembak langsung dan malas menggunakan ‘ibarat’.

Memang, persahabatan itu adalah saling melengkapi. Saling membantu sahabat dengan suka rela. Saat ini persahabatan sejati mungkin sudah semakin terkikis, mengingat kehidupan yang semakin sulit. Orang orang sibuk mementingkan dirinya sendiri. Terkadang untuk memenuhi ambisi pribadi maupun target , dengan tidak segan segan mengorbankan persahabatan. Malah sering saya mendengar orang menyebutkan “tidak ada persahabatan sejati, yang ada hanya kepentingan sejati” .. Atau bahkan persahabatan atau dalam konteks ini saya sebut pertemanan hanyalah terletak pada kepentingan. Disaat ada kepentingan yang sama, maka pertemananpun terbina. Jika kepentingan sudah menjadi berbeda maka pertemanan itu hanyut begitu saja. Ada juga yang memilih berteman hanya karena masalah materi dan kedudukan. Ya simbiosis mutualisme yang berarti saling menguntungkan, Jika efek menguntungkan sudah tidak ada, bubarlah pertemanan itu.

Dalam konteks dengan pertemanan, saya mengategorikan hubungan antar manusia dalam 3 kategori yakni sebagai kenalan, teman dan sahabat.

Kalau kenalan, walaupun kita sering berkomunikasi dengan mereka, bahkan sering jalan dan bersama sama ber happy happy ria, tetapi ya sebatas itu saja. Kita tidak bisa mengandalkan mereka, menolong saat kita sedang susah. Intinya hanya sebagai rekan untuk berbagi kesenangan saja.

Kalau teman, ya lebih bisa diandalkanlah dari sekedar kenalan, dalam arti suatu pertemanan timbul berlandaskan sama sama menguntungkan. Jadi kalau kita memberi kepada sang teman tapi selalu  beradasarkan ‘untung dan untung’ atau ‘balik pokok’ kalau saya membantu kamu berarti kamu juga harus membantu saya. Jika hal itu tidak tercapai, maka bubarlah pertemanan ini

Sedangkan sahabat, merupakan tingkatan yang paling tinggi. Persahabatan biasanya timbul karena ada saling empati satu dengan yang lainnya. Kita membantu sahabat tanpa memikirkan timbal baliknya. Membantu sahabatpun dengan ikhlas, tanpa hitung hitungan ‘kembali pokok’. Dalam hal kita tidak bisa membantu sahabat, setidaknya kita memberikan dukungan mental baginya dan sangat menjaga perasaannya. Biasanya persahabatan itu timbul jika kita mengalami suka duka bersama. Mungkin lebih tepat jika lebih banyak menghadapi duka bersama dan kemudian bersama sama bahu membahu untuk keluar dari masa sulit. Jadi, ikatan batinnya sudah timbul.

Ahaa itu menurut saya loh… :)  So ... bagaimana menurut anda? 

------------------ Cut

Kalau Tadi saya ngomongin hubungan antar manusia, dan sekarang kita ngomongin es cendol dan resepnya, yuk ..... Ini dia resep es cendolnya


Resep Es Cendol


Bahan
  • 1 bagian tepung hunkwe
  • 4 bagian air
  • 1 lembar daun pandan besar, potong jadi 4 bagian
  • ½ butir kelapa diambil santannya sekitar 2 gelas belimbing
  • ¼ kg gula merah
  • Sedikit garam

Cara membuat es cendol

Cara membuat cendol
  • Masak 1 bagian tepung hunkwe dengan 4 bagian air
  • Masak pada api kecil aduk aduk adonan hingga matang
  • Siapkan panci berisi air es, beri saringan kawat/ saringan cendol di atasnya
  • Jika tepung hunkwe sudah matang, tuangkan di atas saringan. Biarkan tepungnya keluar dari saringannya dan langsung masuk ke air es dibawahnya, sehingga menjadi bentuk kecil kecil dan padat
  • Sisihkan

Memasak santan
  • Masak santan, bersama sama dengan daun pandan.
  • Masak pada api kecil dan di aduk aduk. Aduknya searah dan hati hati jangan sampai santannya ‘pecah’
  • Jika sudah matang sisihkan

Memasak gula
  • Masak gula merah dengan ½ gelas air. JIka sudah matang saring gula agar tidak berampas

Penyajian es cendol

  • Cendol disajikan dengan santan dan gula merah
  • Tambahkan es batu
  • Siap dihidangkan

Demikian resep es cendol ini, semoga menginspirasi

Enjoy and happy cooking

No comments:

Post a Comment

Terima kasih atas komentarnya. Mohon komentarnya tidak mengandung unsur SARA, SEX dan POLITIK