Resep Pepes Ikan Kembung dan manfaat Ikan Kembung Bagi Kesehatan

Ikan kembung… mungkin banyak yang mengenalnya sebagai ‘ikan krismon’ alias ikan yang harganya terjangkau di seluruh lapisan masyarakat. Bertebaran di pasar. Ahaa.. murah boleh murah.Tapi gizinya itu… Mantap kan udah harga murah, kandungan gizinya juga tinggi.
Pepes Ikan Kembung
Sekilas kandungan gizi dari ikan kembung ini. Ikan kembung mengandung Asam lemak Omega 3.Omega 3 ini berfungsi untuk mata dan bersifat anti radang dan anti penggumpalan darah. Riset menunjukkan bahwa kemampuan omega 3 ini mencegah penyakit jantung, usus dan kanker payudara.

Asam lemak Omega 3 ini banyak terkandung pada kacang kacangan dan ikan berminyak seperti ikan kembung, bawal, tuna, salmon, sarden. Asam lemak omega 3 ini juga akan menyeimbangkan pengaruh Omega 6. 

Nah loh apa pula Omega 6 itu?

Omega 6 adalah turunan dari asam linoleat yang terdapat pada biji bijian, sayuran, biji bunga matahari dan minyak wijen, Omega 6 ini diperlukan untuk memproduksi membram sel,prostaglandin dan eikosanoid yaitu zat serupa hormon yang mengendalikan peradangan dan tekanan darah. Namun jika terlalu banyak Omega 6 juga tidak baik untuk tubuh, karena berkaitan dengan munculnya radang sendi (arthritis), stroke, diabetes dan beberapa jenis kanker.

Nah untuk itu si Omega 6 ini harus diseimbangkan dengan Omega 3 dan caranya juga tidak susah, yakni konsumsilah makanan yang banyak mengandung asam lemak Omega 3 yang diantaranya adalah ikan kembung.

Sehubungan dengan penuturan di atas tentang Omega 6, ada baiknya kita menyitir sekilas tentang lemak.
Banyak orang langsung bergidik jika mendengar kata ‘lemak’… ketakutan membayangkan tubuh gendut dan aneka macam penyakit bersarang dalam tubuh. Apakah memang seperti itu?

Ini dia sekilas ulasannya yang saya baca pada literatur kesehatan yang banyak beredar.

Jika anda menghindari lemak berarti membatasi asupan nutrisi berguna seperti vitamin larut lemak, vitamin  A. D dan E serta beta carotene (pro vitamin A), dimana vitamin vitamin tersebut memerlukan 25 gr lemak perhari untuk penyerapannya.

Jika asupan lemak seorang perempuan di bawah 15 persen dari asupan kalori per hari, maka akan dapat mengganggu produksi estrogennya. Hal ini selanjutnya dapat menyebabkan wanita tersebut akan bermasalah dengan haid dan risiko osteoporosis dan juga kelelahan.

Jadi, seberapa banyakkah sehari mengkonsumsi lemak?
Organisasi kesehatan sedunia WHO menganjurkan untuk orang dewasa sedikitnya 15 % dari kalori harian mengandung lemak, namum tidak melewati 35 %.  Untuk wanita usia produktif, jika mengkonsumsi lemak sebanyak 20% dari asupan kalori perhari akan menyehatkan, dimana tidak boleh lebih dari 10 % lemak jenuh (ingat, banyak mineral tubuh memerlukan lemak untuk penyerapannya)

Lemak jenuh itu banyak terkandung  pada lemak hewani, makanan olahan dan margarine yang mengandung trans-fat  yang mempengaruhi kadar kolesterol dalam darah. Gunakan sedikit mentega untuk jika akan mengolah masakan

Gituuu deh sekilas cerita lemak ini…. Ahaa, sekarang tinggal pinter pinternya kita gimana mengatur pola makan agar seimbang dan kita tetap sehat …. 

Dan Ikan kembung? Oooow masuk daftar dong, karena kandungan asam lemak Omega 3 nya itu. So perseringlah mengkonsumsi ikan kembung dan tentu saja dalam takaran yang wajar, karena semuanya jika sudah berlebhan akan menjadi tidak baik.
Banyak olahan makanan yang berbahan dasar ikan kembung, dan untuk kali ini adalah pepes ikan kembung. Menu ini juga cocok bagi yang berdiet karena tidak mengandung minyak goreng,.Mantap kan?

Pepes Ikan Kembung, siap dikukus
Yuk.. simak resep di bawah ini

Resep Pepes Ikan Kembung Lezat

Bahan
  • 600 gram Ikan kembung
  • 1 butir jeruk nipis
  • 6 cabe merah – jika akan menggunakan cabe hijau jumlahnya 2x lipat dari cabe merah
  • 1 ruas jari kunyit
  • 4 lembar daun jeruk purut. Jika daun jeruknya besar pakai 2 saja – disobek sobek kasar
  • 5 butir kemiri. Disangrai dulu
  • 1 ikat daun kemangi. Petik daunnya. JIka sudah dipetik kira kira segenggam
  • 5 butir bawang merah 
  • 4 butir bawang putih 
  • Garam secukupnya
  • Penyedap (jika suka)
  • Daun pisang secukupnya


Cara membuat
  • Siapkan daun pisang. Cuci daun pisang , lap dan keringkan. Sebelum dipakai daun pisang sebaiknya disetrika dulu agar daunnya lentur
  • Bersihkan ikan, buang sisik dan insangnya, potong potong sesuai selera
  • Lumurkan ikan dengan air jeruk nipis dan garam, diamkan selama 15 menit
  • Haluskan cabe merah, bawang putih, kunyit dan kemiri
  • Campurkan bumbu halus dengan ikan. Tambahkan juga daun kemangi. Beri garam dan penyedap (jika suka)
  • Bungkus ikan dengan daun pisang.
  • Kukus hingga matang. Siap dihidangkan
Demikian resep Pepes Ikan Kembung, semoga menginspirasi

Enjoy and happy cooking

No comments:

Post a Comment

Terima kasih atas komentarnya. Mohon komentarnya tidak mengandung unsur SARA, SEX dan POLITIK