Resep puding sutra ala orang Manado

Puding Sutra, saya sebetulnya bingung kenapa dinamakan pudding sutra. Apa mungkin karena teksturnya sehalus sutra apa gimana… J.
Awal saya mengenal resep ini sekitar awal tahun 80 an, diperkenalkan oleh tetangga saya di Manado, tetapi bukan bernama puding sutra, tetapi mereka menyebutnya dengan puding tahu. Semula malah saya menyangka puding ini berbahan dasar tahu, tapi ternyata dinamakan demikian karena teksturnya mirip kembang tahu. Itu loh yang suka dijual keliling sama abang abang yang dikonsumsi dengan gula merah dan jahe J  Dan baru belakangan ini, setelah saya bergabung dengan beberapa club masak di jejaring social facebook, barulah saya tau bahwa puding ini sebetulnya lebih dikenal luas dengan nama Puding Sutra daripada puding tahu. Aha whatever lah namanya, yang penting rasanya oke.

Resep Puding sutra
PUdding sutra disajikan dengan suo buah


Resep Puding sutra ala orang Manado? Ow,emang ada bedanya dengan puding sutra ala tempat lain? Adaa.. walaupun hanya beda 1 komponen bahan yang ditambahkan tetapi rasanya sangat mempengaruhi.

Sebagaimana diketahui bahwa orang Manado non muslim rata rata sangat doyan dengan rasa rhum.. Rhum asli ya, bukan yang essence, dan so pasti mengandung alkohol. Dan komponen inilah yang membedakan puding sutra ala Manado dengan puding sutra non Manado. Karena memang  cita rasanya sangat jauh berbeda, karena menonjolkan rasa susu, rhum dan vanila. Tapi Oops!! Jika anda tidak mengkonsumsi alkohol, gak apa apa koq rhum bisa diabaikan, walaupun memang ada rasa khas yang hilang, tapi don’t worry, masih tetap lezat.

Awal saya mengenal pudding ini biasanya disajikan dengan fruit cocktail dan biasanya suka saya sajikan dengan del monte fruit cocktail, karena menurut saya, kombinasi rasanya memang pas. Tetapi sejalan dengan perkembangan dunia kuliner, dan akhir akhir ini sudah muncul sajian sup buah, maka sup buahlah yang menjadi alternatif jika tidak ada fruit cocktail. Atau kadang saya suka mencampurkannya dengan sirup botolan yang banyak dijual di supermarket, tidak harus dengan rasa khusus. Tergantung mood, tapi yang masih belum dicampurkan dengan air ya. Hanya sirupnya saja. Rasanya akan menjadi lezat jika pudding ini sudah dipotong dengan sendok dan air yang keluar dari agar agar yang terpotong potong, akan menjadi sangat lezat jika berbaur dengan sirup tanpa campuran air. Untuk penyajian dengan vla, menurut lidah saya, tidak terlalu tepat karena kesegaran pudding ini seolah lenyap jika berpadu dengan vla. Beda sih dengan puding coklat yan gmengandalkan vla. Tapi, Itu selera saya loh ya. BIsa saja berbeda dengan selera anda.

OK? Sekarang yuk kita simak cara membuatnya

Resep Puding Sutra ala orang Manado

Bahan
  • 1 bungkus agar agar plain (agar agar putih tanpa warna)
  • 1 Kaleng susu kental manis
  • 6 kaleng air (pakai kaleng bekas susu kental manis). JIka anda ingin puding yang agak keras dan manis, dapat juga menggunakan 5 kaleng air
  • 1 vanila batangan, atau jika menggunakan vanilla bubuk, pakai 1/3 sdt saja
  • 1 sdm rhum
  •  Catatan: Tidak perlu pakai gula karena susu kental manis pada dasarnya sudah manis

Cara membuat pudding sutra ala orang Manado

  • Campurkan semua bahan jadi satu dan masak hingga mendidih.
  • Jangan lupa diaduk aduk selagi adonan di atas api
  • Jika sudah mendidih, dinginkan sebentar, hilangkan uap panasnya kemudian tuangkan ke dalam cetakan.
  • Dinginkan hingga pudding mengeras
  • Sangat mantap disajikan saat dingin


Tips membuat pudding agar benar benar tercampur, tidak ada endapan susu

  • Setelah pudding diangkat dari api, jangan buru buru menuangkannya ke dalam cetakan. Hilangkan uap panasnya dulu baru dituangkan ke dalam cetakan
  • Jika pudding mengandung susu, selama masih di atas api, adonan harus di aduk aduk. Aduk aduklah dengan irama sedang, jangan terlalu cepat.
  • Aduklah pudding dengan searah dan dalam pola yang sama. Jangan berubah ubah ada. Jika mengaduknya searah jarum jam, lakukan secara konsisten
  • Pakailah api kecil agar pudding matang dan tercampur dengan sempurna



Selamat mencoba 

No comments:

Post a Comment

Terima kasih atas komentarnya. Mohon komentarnya tidak mengandung unsur SARA, SEX dan POLITIK