Resep Ikan Asin Bakar

Ikan asin bakar? Bingung ya… ikan asin koq dibakar. Enak apanya ya? Mungkin itu pertanyaan yang muncul awal membaca judul tulisan ini. Ya ikan asin bakar rasa nano nano (manis, asam, asin…rame rasanya -- *itu kata iklan permen).

Ikan Asin Bakar
Ikan Asin Bakar


Sebetulnya ini adalah menu hasil eksperimen, berkhayal dan berandai andai. Bumbunyapun dari hasil berkhayal dengan terinspirasi dari slogan iklan permen nano nano.

Suatu ketika, saya bosan dengan sajian ikan asin, digoreng balado, dimasak santan kuning dan lain sebagainya. Ah sepertinya sudah sangat biasa sekali deh. Emang gak ada sajian lain lagi kah? Dan disitulah proses berandai andai dimulai, sambil membiarkan imajinasi mengembara entah kemana.

Try outpun dilakukan, walaupun hasil pertamanya si ikan asin ini koq keras dan sulit dikonsumsi. Tapi yaa itu, dasar memang orang gemar makan, maka adaa aja idenya. Ditumbuk aja ikan asinnya, biar gak perlu repot mengunyah. Enteng kan?

Bumbunya juga saya pakai minyak goreng, gula dan garam. Pilihan pakai minyak goreng adalah karena agar masakan bisa lembab, gak kering. Lah kalau kering kan nggak enak. Sedangkan untuk pakai jeruk dan gula, seperti yang saya sebutkan di atas, itu hasil inspirasi dari iklan permen nano nano. Manis, asam asin, rame rasanya, Makanya manisnya saya pakai gula pasir, asamnya pake jeruk dan asin ya so pasti dari ikan asinnya. Jadi deh ikan asin rasa nano nano.

Eksperimen keduapun dilakukan dan hasilnya sudah tidak mengecewakan lagi (paling tidak itu menurut saya). Dan okeee.. taraaaa jadilah menu untuk dihidangkan di meja makan, walaupun awalnya dengan hati deg degan. Kira kira mau nggak ya orang rumah disajikan hidangan kayak gini? 

Dan ternyata hasilnya tidak mengecewakan. Mereka pada suka. Dan berdasarkan kejadian itulah akhirnya saya memberanikan diri menulis resep ikan asin bakar ini. Resep hasil khayalan dan berandai andai.

Oia, ikan asin yang saya pakai disini adalah ikan asin yang dagingnya tebal, kayak ikan jambal gitu. Jangan pakai ikan asin yang tipis seperti ikan layur ataupun ikan bilis karena nanti bumbu nano nanonya sulit meresap, karena ikan ikan tipis ini tidak ditumbuk, sementara bumbunya meresap karena ditumbuk. Gituu deh

Penasaran? Yuk simak resepnya:

Ikan Asin Bakar
Ikan Asin Bakar

Resep Ikan Asin bakar


Bahan
  • Ikan asin, maaf saya gak nimbang, perkirakan saja untuk konsumsi 4 orang 2x makan


Bumbu (semuanya dicampur jadi satu):
  • 1 buah jeruk nipis ambil airnya
  • 1 sdm gula pasir
  • 10 sdm minyak goreng



Cara membuat Ikan Asin Bakar

  • Cuci ikan asin dengan air mendidih untuk mengurangi rasa asinnya. Biarkan hingga airnya dingin
  • Panggang hingga matang
  • Tumbuk dulu sebelum disajikan. Maksudnya ditumbuk ini agar ikan asin tidak keras dan bumbunya meresap
  • Tumbuknya jangan sekaligus ya, Sedikit sedikit saja, kemudian taruh dalam piring saji. Guyur dengan sedikit bumbu.
  • Biarkan sebentar hingga bumbunya meresap sambil tumbuk lagi ikan yang lainnya.
  • Taruh di piring saji dan guyur lagi dengan sisa bumbunya, begitu seterusnya hingga semua ikan tertumbuk dan terguyur bumbu.
  • Siap di hidangkan.
  • Hidangkan dengan sambal terasi dengan resep sesuai selera.


Demikian Resep Ikan Asin Bakar ini. Semoga menginspirasi.
Enjoy and happy cooking


Penasaran dengan resep masakan lainnya?  Yuk simak aneka resep masakan Manado asli dari dapur orang Manado asli.

No comments:

Post a Comment

Terima kasih atas komentarnya. Mohon komentarnya tidak mengandung unsur SARA, SEX dan POLITIK