Resep Sate Tambulinas

Ini masakan Manado loh ya.

Sate Tambulinas dalam konteksnya dengan masakan Manado, itu sate apa sih? Bingung? Iya, ini ku jelasin.

Tambulinas itu sebetulnya adalah nama suatu ruas jalan lurus, terletak ditengah tengah jalan berkelok kelok diantara kota Manado dan Tomohon. Tidak jelas kenapa ruas jalan itu dinamain Tambulinas. Padahal Tambulinas itu bukan nama jalan, bukan nama desa ataupun kampung.


Tambulinas ini memang terkenal dengan ruas jalan yang dipenuhi dengan sederetan rumah makan. Kala itu bangunan bangunan yang ada disitu didominasi dengan bangunan kayu, bentuk tradisional ala suku Minahasa (sukunya orang Manaddo). Menunyapun memang khas Tanah Minahasa yang disajikan secara prasmanan. Rata rata makanan yang dijual disitu adalah: pangi , tinorangsak , renga (keong sawah) , tumis kangkung bunga pepaya , ayam bakar, ayam bumbu kuning, sate dan berbagai masakan Minahasa lainnya.
Resep Sate Tambulinas


Salah satu menu yang menjadi khas Tambulinas adalah sate. Sate yang dibumbu khas Manado. Bumbu bumbu yang sudah direndam dalam potongan daging, ditusuk dan dibakar, merupakan sajian yang sayang sekali untuk dilewatkan jika makan di Tambulinas. Satepun bisa sate babi ataupun sate ayam. Hanya saja untuk sate ayam biasanya potongannya besar besar, 1 tusuk hanya diisi 2 potong daging ayam. Jadi bisa dibayangkan kira kira potongannya sebesar apa.

Nanti ya kapan kapan, jika saya pas masak sate ayam ala Tambulinas, ntar deh saya posting di blog ini. Thus, sekarang yang sate babi dulu ya. Bumbunya sama koq, yang beda hanya bahan dagingnya saja. Silahkan simak resep yang akan saya tuliskan di bagian bawah dalam artikel ini.

Tapi sekarang, saya selesaikan cerita tentang Tambulinas dulu ya.
Tambulinas memang ngetop hingga awal tahun 1980an. Sekarang hanya tinggal kenangan. Tak ada satupun bangunan yang tersisa. Entah kalah bersaingan dengan kawasan kuliner lainnya, atau juga tergilas arus modernisasi, ataupun bisa juga karena sudah tidak ada penerusnya lagi. Ya tinggal kenangan, inipun hanya bagi mereka yang terlahir pada tahun 1970an, yang masih sempat melihat keberadaan Tambulinas ini. Bagi mereka yang terlahir tahun 1980an keatas sudah tidak pernah tau tempat ini.

Dan inilah sedikit kenangan tentang Tambulinas. Tempat saya, ortu, kakek nenek dan kakak saya makan jika kami bepergian dan melewati ruas jalan ini. Kebetulan nenek saya tau resepnya dan ini saya bagikan untuk teman teman, sekalian melestarikan kuliner Tanah Minahasa agar makin disayang oleh khalayak ramai. Yuk simak resepnya

Resep Sate Tambulinas.

Bahan:
Bumbu untuk merendam daging:
  • 500 gr daging (bisa babi, bisa juga ayam ayau daging lainnya)
  • 1 sdm air perasan jeruk nipis atau lemon cui
  • ½ sdt garam

 Bumbu halus:
  • 1 sdm bawang merah yang sudah dihaluskan
  • 1 sdm jahe yang sudah dihaluskan
  • 1 sdm kunyit yang sudah dihaluskan (sangrai kunyit dulu sebelum dihaluskan)
  • 2 sdm cabe yang sudah dihaluskan – ini tergolong sangat pedas (sesuai lidah orang Manado), sesuaikan pemakaian cabe sesuai selera.
  • 5 butir kemiri (sangrai kemiri sebelum dihaluskan)
  • 1 tomat (keluarkan bijinya). Ini optional, tergantung selera. Jika suka agak manis, dapat dikasikan tomat. Tapi jika suka dengan rasa pedas fresh, sebaiknya tidak memakai tomat.
  • ½ sdm air perasan jeruk (bisa jeruk nipis, bisa juga lemon cui)
  • 4 sdm minyak goreng.

 Bumbu Lainnya
  • 5 lembar daun jeruk, disobek sobek.


Cara membuat sate Tambulinas:

  • Campurkan semua bumbu halus termasuk minyak goreng dan air perasan jeruk dan daun jeruk.
  • Potong potong dagingnya. Jika memakai daging babi, potong dadu sebesar 3cm x 3cm, jika memakai daging ayam, potong ayam menjadi 8 bagian. Lumuri dengan air perasan jeruk dan garam.
  • Tusuk tusuk daging dengan garpu, masukkan ke dalam kulkas selama 2 – 3 jam hingga bumbu meresap dengan sempurna.
  • Panggang dalam bara api/bara kayu hingga matang. Selagi memanggang sate, oleskan dengan sisa bumbu lumuran.
  • Panggang hingga matang dan siap disajikan.


Demikian resep sate Tambulinas, semoga menginspirasi.
Enjoy and happy cooking. Disini kami berbagi.


Pingin tau resep masakan Manado asli lainnya? Ini dia, resep Manado asli daridapur orang Manado asli.

No comments:

Post a Comment

Terima kasih atas komentarnya. Mohon komentarnya tidak mengandung unsur SARA, SEX dan POLITIK