Resep Binyolos - jajanan orang Manado jadul

Binyolos, jajanan orang Manado jadul ini sering juga disebut dengan “Minyolos”. Minyolos atau Binyolos pada prinsipnya sama saja. Jajanan jadul orang Manado ini dalam suatu waktu sempat hampir punah. Kurang mendapat tempat di hati masyarakat akibat tergilas arus modernisasi. Namun beberapa waktu terakhir ini sudah “bangkit” lagi. Sudah masuk menu di café café “gaul” yang menjamur di seputaran Manado.


Panganan berbahan dasar singkong dan/atau ubi jalar berpadu dengan gula merah dan sedikit tepung memang mempunyai 2 nama yang mirip. Hanya beda huruf “m” dan “b”. Ada yang menyebutnya dengan “Minyolos”, ada juga yang menyebutnya “Binyolos”. 

Resep Binyolos


Mana yang benar?. Jawabannya semuanya benar, tergantung daerah mana yang menyebutnya. Saya secara pribadi yang dibesarkan di lingkungan peradaban kaum ‘Borgo’ (masyarakat keturunan Portugis, Belanda dan Spanyol yang bermukim di daerah pesisir di sepanjang Tanah Minahasa) menyebutnya dengan “Minyolos”, sementara beberapa masyarakat lainnya di Manado sini menyebutnya dengan “Binyolos”.Ya sudahlah, pokoknya panganan itulah yang dimaksud.

Beberapa waktu yang lalu saya pernah membuat postingan hidangan ini di jejaring sosial Facebook pada grup kuliner “Langsung Enak” dan “Natural Cooking Club“. Saya paparkan foto seperti dalam blog ini berikut bahan dan cara membuatnya, sambil meminta masukan dari teman teman apakah sajian ini juga ada di daerah mereka walaupun dengan nama yang berbeda.

Dan inilah input dari beberapa orang anggota dari kedua grup kuliner yang saya sebutkan di atas: Orang Samarinda menyebutnya “pilus”, Di Kebumen katanya “ Timus”, Situbondo menyebutnya dengan “Luk Guluk”, Orang Jawa menyebutnya “Jemblem”. Sementara menurut orang Solo katanya mirip “kleyem”, dan menurut orang Makasar, jika dilihat kandungan dan cara masaknya, ini mirip “Tarajong”. Hanya saja Tarajong bentuknya bulat dan gepeng.

Aha ternyata Binyolos/Minyolos ini juga hadir di banyak wilayah di Nusantara. Namanya saja yang berbeda.

Wow. What everlah. Begitulah Indonesia, negara kita yang sangat kaya budaya dan tentu saja kaya kuliner.

Dan sekarang yuk simak cara membuat minyolos atau Binyolos ini

Resep Binyolos


Resep Binyolos – panganan orang Manado jadul.

Bahan
  • 250 gr Ubi  - Bisa singkong dan/atau ubi jalar. Disarankan komposisi 1:1. Tapi komposisi ini juga tidak juga mengikat. Tergantung selera dan ketersediaan bahannya.
  • 250 gr gula merah sisir atau menurut selera
  • 200 gr tepung terigu
  • Minyak untuk menggoreng
  • ½ sdt bubuk kayu manis (abaikan jika tidak suka)
  • ¼ sdt Vanila powder (abaikan jika tidak suka)


Resep Binyolos


Cara membuat Binyolos
  • Kupas ubi kemudian cuci bersih
  • Rebus hingga empuk, hancurkan. Bisa ditumbuk, bisa juga diuleg
  • Tambahkan gula merah yang sebelumnya sudah disisir. Catatan: ukuran di atas sebetulnya relatif karena manisnya ubi berbeda beda untuk setiap jenis dan kondisinya. Untuk itu disarankan untuk uji rasanya dulu agar benar benar sesuai selera.
  • Aduk jadi satu.
  • Tambahkan sedikit tepung terigu. Banyaknya tepung juga relatif mengingat karakter ubi berbeda beda. Tambahkan tepung hingga adonan bisa dibentuk tapi masih empuk.
  • Tambahkan kayu manis bubuk dan vanilla powder. Ini hanya bagi yang suka ya. Abaikan jika tidak suka makanan beraroma rempah.
  • Bentuk bulat bulat dengan ukuran sesuai yang dikehendaki
  • Giling adonan yang sudah dibentuk bulat bulat tadi ke dalam tepung. Giling hingga rata dan adonan siap digoreng
  • Goreng dalam minyak panas hingga matang dan binyolos siap dihidangkan sebagai teman minum kopi.


Demikian resep binyolos.Gampang koq bikinnya.Selamat mencoba.

Catatan:
Sejalan dengan perkembangan dunia kuliner tradisional, binyolos atau minyolos ini juga dikembangkan dengan menggunakan ubi ungu sebagai bahan dasarnya.Rasanya tetap enak, ditambah dengan kandungan gizi plus yang didapatkan dari ubi ungu. Top deh pokoknya. 

Binyolos (minyolos) ubi ungu cukup ngetop loh di Manado, malah merupakan sajian unggulan di salah satu café yang cukup beken di Manado

Penasaran dengan jajanan ala Manado lainnya? Yuk simak resep jajanan Manado asli dari orang Manado asli, dari dapur Manado asli.



Disini kami berbagi. Enjoy and happy cooking

No comments:

Post a Comment

Terima kasih atas komentarnya. Mohon komentarnya tidak mengandung unsur SARA, SEX dan POLITIK